Melaksanakan ibadah haji merupakan suatu perintah yang harus dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu. Ibadah haji merupakan bagian dari rukun islam. Menjalankan ibadah haji memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Ada banyak situs bersejarah yang bisa menunjukkan betapa Islam pernah jaya di Makah dan Madinah. Dengan mengetahui jejak Islam tersebut, maka seseorang akan bisa meningkatkan keimanan dan kepercayaan terhadap Islam.

Mengingat banyaknya biaya yang harus mereka keluarkan tentu saja mereka tak ingin jika ibadah hajinya kelak sia-sia. Untuk itu selain persiapan finansial mereka juga harus melakukan persiapan fisik. Sebelum keberangkatan, mereka harus mengatur pola makan dan menjaga asupan gizi mereka.

Dalil / Hadits Haji

“Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari no. 1521).

sementara itu, berat badan juga harus dijaga supaya tidak bertambah karena banyak sekali aktivitas yang harus mereka lakukan di Makkah yang mengutamakan kelincahan. Selain itu, persiapan tentang biro haji juga harus cepat mereka tentukan. Meningat ibadah haji banyak hal yang harus dipersiapkan, maka alangkah baiknya apabila sedari awal kita mempersiapkannya dengan cermat sehingga ibadah yang kita laksanakan nantiny akan mendapatkan keberkahan dan kemudahan.

Melihat kebutuhan masyarakat yang cukup meningkat kaitannya dengan perjalanan haji dan umroh, maka saat ini sudah banyak tersedia jasa travel haji dan umroh yang bisa dijadikan rujukan saat hendak melakukan ibadah haji. Saat ini, menggunakan travel saat melakukan perjalanan haji atau umroh adalah hal yang menjadi pilihan karena aksesnya mudah, baik itu saat mengurus pendaftaran hingga pada saat berlangsungnya ibadah. Maka, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai travel haji dan umroh yang bisa dijadikan acuan atau rujukan saat hendak melakukan perjalanan haji dan umroh.

Peta Rute Perjalanan Haji Gelombang 1 Dan 2

biaya umroh 2018

Sejak awal dilakukannya manasih haji, calon jamaah sudah dijelaskan bahwa rombongan haji di Indonesia dibagi menjadi 2 gelombang. Dalam pelaksanannya, biasanya calon jamaah mendapatkan penjelasan jika pelaksanaan ibadah haji untuk jamaah dari Indonesia dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 1 ke Madinah dulu baru selanjutnya menuju ke Mekkah. Sedangkan gelombang ke 2 langsung ke Mekah baru ke Madinah.

Dari kedua gelombang tersebut, memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan, sehingga upayakan untuk semaksimal mungkin dalam mendalami dan memahami arahan rutenya. Meskipun begitu pada dasarnya kedua gelombang sama saja. Pada akhirnya ibadah juga tetap bisa dilakukan dengan khsusuk dan nyaman.

Perjalanan Haji Dari Awal Sampai Akhir

Seseorang yang melaksanakan ibadah haji tentu saja harus melaksanakan segala ketentuan haji yang telah ditetapkan. Jika salah satu rukun haji terlewatkan, maka pelaksanaan haji sudah pasti akan sia-sia. Namun tak hanya orang kaya saja yang bisa datang mengunjungi rumahnya. Namun siapapun bisa kesana atas ijin Allah. Berikut akan dijelaskan tata cara menjalankan ibadah haji.

  1. Melaksanakan ihram mulai dari miqat: Seseorang yang melakukan ibadah haji, diawali dengan melaksanakan ihram di miqat. Cara melaksanakannya yaitu mandi, kemudian berwudhu dan memakai kain ihram. Saat itu juga disyariatkan untuk membaca niat haji.
  2. Wukuf di padang arafah: Waktu pelaksanaan wukuf yaitu tanggal 9 Zulhijah. Wukuf ini dimulai ketika matahari tergelincir hingga terbit fajar di tanggal 10 Zulhijah.
  3. Mabit di muzdalifah: Di muzdaliffah kita bisa memperbanyak zikir kepada Allah dan mengambil batu kerikil untuk nantinya melakukan jumrah.
  4. Melontar jumrah: Pelaksanaan melempar jumrah dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah dengan melontar sebanyak 7 buah batu kerikil.
  5. Tahalul: Tahalul adalah mencukur rambut yang dilakukan setelah melaksanakan jumrah aqobah. Setelah melakukan tahalul, seseorang yang beribadah haji bisa melepas pakaian ihramnya dan memakai pakaian biasa.
  6. Mabit di mina: Mabit di Mina akan dilaksanakan ketika hari tasyrik. Pada hari tasyrik tersebut kita bisa melakukan lontar jumrah yaitu ûlâ, wustâ, dan yang terakhir adalah ‘aqabah. Pelontaran tersebut masing-masing sebanyak 7 kali.
  7. Tawaf ifadah: Ketentuan ibadah haji yang terakhir adalah melakukan tawaf ifadah. Tawaf ini dilakukan terahir sebelum kita pulang ke tanah air.

Biaya Perjalanan Haji Dan Umroh Yang Resmi

Melaksanakan ibadah haji supaya lancar pelasksanannya, kita membutuhkan biro perjalanan haji dan umroh yang akan membantu kita nanti saat pra keberangkatan atau ketika melaksanakan ibadah di Makkah.

Tips yang bisa Anda lakukan supaya tidak terjebak di dalam biro yang memiliki modus penipuan adalah dengan menggunakan layanan yang sudah terbukti resmi. Jangan sekali-kali menggunakan biro haji dan umroh yang belum jelas resmi tidaknya. Dengan demikian, Anda akan tetap tenang dan bisa mewujudkan keinginan beribadah haji dan umroh.

Rekomendasi Travel Umroh Terbaik Dan Terpercaya

Setiap orang yang akan melakukan perjalanan umroh tentu mengharapkan travel yang terbaik dan terpecaya. Dengan menggunakan travel terbaik, maka perjalanan umroh Anda akan semakin lancar dan aman. Sedangkan dengan menggunakan travel umroh yang terpecaya, Anda akan terhindar dari berbagai modus penipuan.

Tips yang bisa Anda lakukan supaya mendapatkan travel umroh terbaik dan terpercaya adalah dengan menggunakan jasa travel yang sudah memiliki legalitas tersendiri. Selain itu, perhatikan pula tanda daftar perusahaan dan NPWP perusahaan. Sebagai jamaah kita tentu akan diuntungkan dengan bantuan travel karena tidak lagi direbetkan dengan urusan keberangkatan yang pasti akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Intinya, kita tinggal menyerahkan segala urusan kepada pihak travel.

Biaya Haji Reguler

Ada dua jenis pendaftaran dan tipe haji yang bisa Anda pilih. Hal ini belum diketahui banyak orang kecuali orang yang sudah pernah mendaftar haji. Sehingga, Anda harus mengetahui dengan baik terlebih dahulu supaya tidak menyesal nantinya. Dengan demikian, perjalanan dan ibadah haji Anda akan benar-benar tertata dan lancar sesuai dengan keinginan Anda.

Biaya Haji & Umroh ONH Plus Depag

Ada dua jenis jalan untuk bisa melakukan ibadah haji, pertama adalah dengan cara regular, dan kedua dengan cara plus. Keduanya sebenarnya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda bisa melihat keduanya dan mempertimbangkan mana yang paling pas bagi Anda sehingga perjalanan ibadah haji Anda tetap tenang dan tanpa hambatan. Dalam pelaksanannya, ibadah haji dikategorkan menjadi dua yaitu ibadah haji ONH dan ibadah haji regular. Perbedaan kedua hal tersebut adalahterletak dari faktor kebernagkatannya yang lebih cepat. Jika ONH plus maka Anda tak lagi menunggu hingga bertahun-tahun lamanya untuk bisa berangkat. Berbeda dengan haji regular yang menuntut calon jama’ah haji untuk menunggu antrean. Dengan memilih jenis haji ini, Anda akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang lebih.

Cara Daftar Naik Haji Di Travel Umroh Haji

Anda ingin melaksanakan ibadah haji? Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika berkunjung ke Baitullah adalah harapan seluruh umat muslim. Adapun cara melakukan daftar naik haji di travel umrah haji adalah sebagai berikut.

  1. Mendatangi langsung kantor biro travel umrah haji terpercaya
  2. Melakukan pendafaran dengan mengikuti segala prosedur yang ditentukan
  3. Membayar sejumlah uang melalui bank atau pun tunai

Itulah beberapa ulasan mengenai travel haji dan umroh yang bisa Anda jadikan bahan panduan saat hendak melakukan ibadah haji dan umroh. Dengan mengetahui panduan tersebut, proses pendaftaran Anda akan lancar dan terhindar dari kesalahan. Pada intinya, dalam mendaftar haji atau umroh, Anda harus benar-benar hati-hati sehingga tidak terjadi kesalahan yang justru akan menyusahkan Anda nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.